Beranda Artikel Metode Kasus

Metode Kasus

34
0
Metode Kasus

Metode Kasus, juga dikenal sebagai Studi Kasus, adalah pendekatan penelitian yang mendalam untuk memahami dan menganalisis fenomena tertentu dalam konteksnya yang alami. Metode kasus sering digunakan dalam berbagai bidang seperti ilmu sosial, pendidikan, bisnis, psikologi, dan kesehatan untuk memahami kasus-kasus unik, peristiwa, individu, atau kelompok dengan cermat.

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari metode kasus:

1. Penelitian Mendalam: Metode kasus menekankan pada pemeriksaan mendalam suatu fenomena atau objek penelitian, sehingga memungkinkan pemahaman yang lebih komprehensif dan terperinci tentang kasus yang sedang dipelajari.

2. Konteks Alami: Penelitian kasus dilakukan dalam konteks alami atau lingkungan di mana fenomena tersebut terjadi. Hal ini memungkinkan peneliti untuk memahami situasi dengan lebih baik dan mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi fenomena tersebut.

3. Pendekatan Kualitatif: Metode kasus cenderung menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga data yang dikumpulkan biasanya berbentuk teks, gambar, atau suara, dan tidak diukur secara kuantitatif.

4. Sumber Data: Data dalam penelitian kasus dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk observasi, wawancara, analisis dokumen, dan catatan lapangan.

5. Generalisasi Terbatas: Meskipun dapat memberikan wawasan yang dalam tentang kasus tertentu, generalisasi dari hasil penelitian kasus biasanya terbatas pada kasus yang sedang diteliti, dan tidak dapat diterapkan secara luas ke populasi lain.

6. Pendekatan Induktif: Metode kasus seringkali menggunakan pendekatan induktif, di mana teori dan temuan dikembangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari studi kasus, bukan berdasarkan teori sebelumnya.

7. Studi Kasus Tunggal atau Ganda: Penelitian kasus dapat dilakukan pada satu kasus tunggal (studi kasus tunggal) atau beberapa kasus sekaligus (studi kasus ganda).

Metode kasus memungkinkan peneliti untuk memahami konteks yang kompleks dan mendalam dari suatu fenomena tertentu. Hal ini dapat membantu dalam mengeksplorasi kasus-kasus yang unik atau langka, menyediakan wawasan mendalam tentang kasus tertentu, serta memberikan ilustrasi konkret dalam konteks nyata untuk mendukung temuan penelitian.

 

website di bekasi, jasa web bekasi, jasa website bekasi, jasa website di bekasi, jasa seo website bekasi, jasa buat web murah, paket jasa pembuatan website

Jasa Pembuatan Website SEO Bekasi
Info lebih lanjut hpembuatan ub :
0852-1515-2665
JasaWebSEO.netjasa 

#jasapembuatanwebsitedibekasi #jasawebbekasi #jasawebsitebekasi #jasawebsitedibekasi #jasaseowebsitebekasi #jasabuatwebmurah #paketjasapembuatanwebsite

 

Artikulli paraprakWireless Local Area Network (WLAN): Kebebasan dan Koneksi Tanpa Kabel
Artikulli tjetërIndustrial IoT (IIoT): Transformasi Revolusioner dalam Industri Manufaktur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.